Sunday, August 2, 2009

sistem media massa

0 comments
Sistem media massa
Otoriter
Sistem media massa otoriter adalah suatu sistem dimana pemerintah memegang kendali terhadap media.Media tidak diperbolehkan untuk melakukan kritik terhadap pemerintah yang berkuasa.Sistem media massa otoriter pernah diterapkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.Pihal swasta diperkenankan untuk membuat suatu media namun dengan syarat-syarat tertentu.Media dilarang keras untuk melakukan kritik terhadap pemerintah mau pun Presiden,jika terdapat media yang melakukan kritik maka akan langsung dibredel.Izin pembuatan media pada sistem otoriter juga tidak mudah,suatu media harus memenuhi tahap-tahap tertentu untuk bisa terbit.Jika nekat memuat hal-hal yang menyinggung pemerintah maka dapat dipastikan media tersebut tidak akan bertahan lama.
Libertarian
Sistem media massa libertarian adalah suatu sistem yang memberikan kebebasan pers kepada warganya.Sistem media massa libertarian mendukung penuh hak-hak warga negara untuk mendapatkan informasi.Pada sistem ini,pemerintah tidak turut campur terhadap media.Media diberikan kebebasan untuk memuat apa pun meski bertentangan dengan kebijakan pemerintah.
Tidak ada pembredelan media seperti yang terjadi pada sistem media massa otoritarian.Disini media bebas dari tekanan pihak mana pun.Proses pembuatan suatu media juga tidak sulit,asalkan memiliki modal yang besar seseorang mau pun kelompok dapat mendirikan suatu media.
Pada sistem media massa libertarian,yang berfungsi sebagai pengontrol media adalah masyarakat.Disini masyarakat memiliki peranan yang cukup besar,opini publik dapat menentukan konten-konten mana yang boleh untuk dipublikasikan.Dengan kata lain sistem ini berpijak kepada pasar bebas.
Amerika Serikat adalah negara penganut sistem media massa liberal.Amerika memberikan kebebasan kepada warganya untuk berbicara di media massa.Media tidak mendapat tekanan sama sekali dari pihak pemerintah.





Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pers Otoritarian dan Libertarian

Sistem pers otoritarian dan libertarian bagaikan dua buah mata pisau yang berbeda,keduanya saling berlawanan satu sama lain.Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Berikut ini saya mencoba mengulas beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing sistem tersebut.
Kelebihan Teori Per Otoritarian :
1.Media lebih terkontrol dalam pemberitaannya.
2.Menghindari adanya persaingan yang tidak sehat diantara media.
3.Pemerintah dapat menjalankan tugasnya tanpa ada tuntutan atau kritikan yang biasanya disampaikan melalui media.
Kekurangan Teori Pers Otoritarian :
1.Tidak adanya nilai-nilai universal di dalam kebebasan pers.
2.Media hanya menjadi tirani dan alat kepentingan bagi penguasanya.
3.Pers tidak dapat menjalankan fungsi kontrol sosialnya.
4.Pers tidak dapat secara bebas menjalankan fungsinya sebagai penyebar informasi, mendidik, dan menghibur.
Kelebihan Teori Pers Libertarian :
1.Pers lebih bersifat independen dan tidak berpihak pada penguasa.
2.Pers pada akhirnya akan lebih memihak pasar
3.Pers lebih dapat menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial, penyebar informasi, Pendidik, dan penghibur.
Kekurangan Teori Pers Libertarian :
1.Media massa pada sistem ini hanya mencari keuntungan sebesar-besarnya karena tujuan sebenarnya adalah pengakumulasian modal
2.Terjadinya persaingan yang tidak sehat antar pers dalam menyampaikan informasi.
3.Adanya kebebasan yang berlebihan dari media karena kontrol dilakukan oleh media itu sendiri

0 comments: