Friday, May 29, 2009

Fenomena Komunitas Virtual dan Manfaatnya Bagi Perkembangan Manusia

0 comments
Jaringan sosial di dunia maya telah menjadi fenomena baru dalam kehidupan masyarakat.Saat ini baik muda mau pun tua kebanyakan pasti memiliki jaringan sosial di dunia maya.Komunitas virtual di dunia maya banyak bentuknya seperti friendster, facebook,twitter dll.
Semakin hari jejaring komunitas sosial semacam itu semakin melekat dalam kehidupan manusia dan kini menjadi semcam gaya hidup.Seseorang akan dianggap kurang gaul jika tidak tergabung dalam komunitas sosial.
Seseorang akan dianggap tergabung dalam komunitas virtual jika ia juga teribat aktif dalam komunitas tersebut.Berarti tidak hanya sekedar punya tapi juga harus meng-update,mencari teman dll sesuai dengan kegiatan yang bisa dilakukan dalam komunitas virtual.
Kini facebook menjadi primadona di Indonesia,telah menggeser friendster yang sebelumnya menjadi jawara.Begitu melekatnya hingga muncul paradigma baru yaitu tiada hari tanpa facebook-an.Perkembangan teknologi semakin melekatkan masyarakat kepada jaringan sosial semacam ini.
Saat ini facebook sudah bisa dibuka melalui hp sehingga tidak perlu repot-repot menggunakan komputer atau lapotop.Dampak dari kemudahan itu adalah semakin seringnya seseorang untuk membuka facebook mereka,walau pun cuma sekedar melihat kondisinya saja apakah ada yang meninggalkan pesan maupun untuk meng-update status sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukannya
Penggunaan jaringan virtual semacam facebook yang tidak mengenal batasan usia,waktu dan tempat beberapa waktu lalu sempat menimbulkan kontroversi.Dalam komunitas virtual dapat dibenamkan fitur-fitur seperti foto dan video,hal inilah yang menimbulkan kecemasan bahwa facebook akan digunakan sebagai penyebaran pornografi.Selain itu banyaknya orang yang mencari jodoh di facebook disinyalir memberikan dampak yang negatif karena menurut Islam,lelaki dan perempuan diperbolehkan melakukan hubungan komunikasi ketika mereka serius hendak meneruskan ke pelaminan saja.
Di belahan negara lain yaitu Iran memblokir sementara penggunaan komunitas virtual facebook dan twitter menjelang pemilu.Salah satu keunggulan komunitas virtual adalah mampu menyebarkan informasi dalam sekejap mata.Inilah yang ditakutkan pemerintah Iran,pihak oposisi yang reformis akan menggunakan facebook sebagai langkah untuk melakukan propaganda.
Jika melihat dari efek negatifnya saja semua teknologi juga memiliki dampak negatif.Kalau facebook diharamkan maka internet,telepon,televisi juga harus diharamkan karena memiliki potensi muatan-muatan negatif yang sama dengan facebook.Biar bagaimana pun saat ini kita hidup di era teknologi,dimana ruang,jarak dan waktu tak lagi menjadi halangan.Kalau masih menutup diri terhadap perubahan seperti keberadaan komunitas sosial kita akan tertinggal.

Manfaat Komunitas Virtual
Komunitas sosial sebenarnya lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan negatifnya.Bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang menggunakan facebook untuk melakukan hal-hal jahat dibandingakan dengan mereka yang menggunkannya untuk kebaikan.Tidak adanya peraturan dalam komunitas sosial akan membuat informasi yang di dalamnya belum tentu memiliki keakuratan.Kita tidak bisa meyakini bahwa foto-foto yang ada dalam komunitas sosial adalah asli punya si pemilik.Namun rasanya kebanyakan anggota komunitas sosial akan memasang fotonya dan data dirinya sendiri.Berikut ini beberapa manfaat komunitas sosial
1.Membuat Seseorang untuk Lebih terbuka
Para anggota komunitas sosial tidak akan pernah malu untuk melukiskan seprti apa dirinya.Pada kehidupan yang sebenarnya,terkadang ada orang yang pemalu dan tertutup untuk mengungkapkan siapa dirinya.Namun dalam dunia komunitas sosial,seseorang tak lagi malu untuk mengungkapkan siapa dirinya bahkan rela seluruh anggota komunitas mengetahui.
2.Sebagai Media Komunikasi Alternatif
Fitur-fitur yang ada dalam komunitas virtual kini semakin memudahkan orang untuk berhubungan dengan orang lain.Tidak hanya sekedar mengirimkan messege seperti e-mail namun juga bisa untuk chating secara langsung.Saat ini ada fenomena baru di kalangan kaum muda,banyak pasangan yang memanfaatkan keberadaan komunitas sosial facebook untuk berhubungan dengan pacarnya.
Tidak hanya itu saja,kalangan pendidikan seperti dosen kini juga banyak yang memanfaatkan media facebook untuk berkomunikasi dengan mahasiswa-mahasiswinya.Seorang mahasiswa mungkin akan malu menanyakan sesuatu pada dosennya melalui sms mau pun telepon tapi ketika menggunakan facebook rasa seperti itu sudah tidak muncul lagi.
Stasiun-stasiun televisi saat ini mulai menggunakan komunitas virtual mengajak pemirsanya untuk turut serta dalam acara tertentu.Sebagai contoh Metro Tv yang sering mengajak penonton untuk turut serta mengemukakan pendapat malalui media facebook.
3.Sebagai Media Informasi yang Cepat
Komunitas sosial dapat juga digunakan sebagai media informasi.Kecepatan penyampaian pesan tidak perlu diragukan lagi.Berita dan gosip akan dengan sangat cepat menyebar di komunitas virtual,siapa yang baru memiliki pacar mau pun sehabis putus dapat diketahui dari facebooknya.Biasanya informasi semacam ini jujur,sangat jarang orang berbohong mengenai dirinya sendiri di dalam komunitas virtual.
Para politisi juga sudah mulai menggunakan media komunitas virtual agar mendapat informasi dari masyarakat mengenai keluhan mau pun untuk menyampaikan program.Presiden Amerika Barrack Obama telah lama menggunakan facebook untuk menjalin komunikasi dengan rakyatnya.


4.Mempererat Silaturahmi
Komunitas sosial dapat digunakan untuk mempererat tali silaturahmi antar teman.Melalui komunitas sosial kita dapat mencari teman yang telah lama tidak bertemu.Berhubungan melalui komunitas sosial sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hubungan menggunkan media lain,namun kebanyakan lebih menyukai menjalin komunikasi melalui komunitas sosial.

5.Sebagai Sarana Mencari Teman
Komunitas sosial memberikan peluang bagi anggotanya untuk mencari kawan-kawan baru.Jika pembicaraan di dalam komunitas sosial cocok tidak menutup kemungkinan hubungan tersebut akan dibawa dalam kehidupan nyata.Motif mencari jodoh adalah sesuatu yang kebanyakan menjadi salah satu alasan seseorang untuk tergabung dalam suatu komunitas virtual.
Mereka yang berada di dalam komunitas virtual tidak lagi malu-malu untuk menanyakan hal-hal yang bersifat pribad seperti tentang pacar mau pun alamat.Andaikan dalam dunia nyata,belum tentu seseorang berani menemui dan langsung mengajak kenalan orang lain yang dijumpai.
Banyak pula yang mengawali perkenalan di komunitas sosial dan kemudian berpacaran bahkan hingga menuju ke pelaminan.
Mereka yang tergabung dalam kelompok-kelompok tertentu sering menggunakan komunitas virtual untuk mencari teman satu pandangan.Sebagai contoh seorang penganut punk yang menggunakan media facebook untuk dapat berhubungan dengan kawan 1 komunitasnya dan membentuk komunitas punk di dalam dunia maya.
Kesimpulan
Dunia komunitas virtual saat ini menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat.Fenomena yang terjadi,mereka yang dalam kehidupan nyata memiliki kepribadian yang introvet(tertutup) berubah menjadi lebih terbuka.
Dalam komunitas sosial seseorang menjadi berubah dan tidak canggung-canggung untuk mengeluarkan diriya yang sebenarnya.Komunitas virtual tanpa disadari digunakan banyak orang untuk mencurahkan isi hatinya,segala macam yang terjadi dipublikasikan melalui komunitas virtual.
Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki dampak positif dan juga negatif.Komunitas sosial akan berubah menjadi hal yang negatif jika penggunanya tidak bijaksana.Bagaimana pun semua berpulang kepada diri kita sendiri.

0 comments: